#TogetherForChange

Move On dari fase Glimpse of Us

profile

campaigncommunity

Update

Halo, Changemakers!

Kalian tahu nggak sih, lagu barunya Joji yang akhir-akhir ini lagi ramai di sosial media? Betul! Lagunya yang berjudul Glimpse of Us lagi ramai diperbincangkan karena liriknya yang sedih banget tentang seseorang yang masih stuck dengan masa lalunya dan belum bisa move-on. 


Kalian pernah juga begitu? Susah move-on dengan kenangan masa lalu?Seperti kejadian yang membekas, kesalahan yang pernah terjadi, atau kegagalan yang pernah kalian alami. Walaupun hal-hal kayak gitu pasti pernah terjadi di kehidupan kita, dan kadang susah buat melangkah maju. Namun, bukan berarti kita nggak bisa mulai lembaran baru.


Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai chapter baru di hidup kamu:


  1. Lepaskan masa lalu dengan ikhlas

Kadang, melepaskan suatu kenangan atau penyesalan itu memang sulit, ya? Maka untuk bisa memulai chapter baru, kamu harus paham alasan kenapa kamu harus move-on dan kenapa itu menjadi hal yang penting. Melepaskan dan melupakan bukan berarti kamu membenci masa lalu kok, tapi belajar bahwa apapun yang terjadi sebelumnya itu akan menjadi bekal kamu di masa depan nantinya.


  1. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri

Memaafkan diri sendiri itu memang nggak mudah, ya? Ada saja penyesalan dan keinginan untuk merubah apa yang telah terjadi di masa lalu. Tapi jangan terus-terusan salahin diri kamu sendiri! Salah itu bagian dari kehidupan, nggak ada manusia yang sempurna kok! Perlakukan dirimu dengan baik dan ingat kalau kamu juga pantas mendapatkan kasih sayang. 


  1. Fokus ke hal baik untuk dirimu sendiri!

Di saat seperti ini, yang paling penting adalah fokus pada dirimu sendiri. Fokus untuk membuat dirimu menjadi versi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Memang kadang banyak hal yang ingin kita atur namun nggak dapat kita kontrol, tapi satu hal yang bisa kita kontrol dalam hidup adalah diri kita sendiri. Ramani Durvasula, psikolog klinis, menjelaskan, bagaimana di saat kita mulai lebih present dalam hidup, rasa sakit yang kita rasakan memiliki kontrol lebih sedikit terhadap hidup kita dan kita menjadi lebih bebas dalam memilih bagaimana kita merespon apa yang terjadi dalam hidup kita.


  1. Mulai kegiatan dan kebiasaan yang positif

Dalam perjalanan untuk memulai chapter baru kamu, memulai kebiasaan dan kegiatan baru bisa bantu kamu untuk me-level up diri kamu, loh! Jangan lupa untuk kelilingi diri kamu dengan support system yang positif juga. Mereka yang baik untuk kamu pasti akan mau kamu jadi versi terbaikmu


Semoga dengan cara-cara ini, kamu bisa memulai chapter baru kamu dengan attitude yang positif dan menjadikan masa lalumu sebagai pelajaran berharga, ya Changemakers!



Sumber: 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-let-go-of-the-past#past-relationships

https://www.healthline.com/health/how-to-let-go#Tips-for-letting-go

heart

Hearts

heart

Komentar

Komentar

Done
Download aplikasi Campaign #ForABetterWorld untuk dunia yang lebih baik
Tingkatkan dampak sosialmu dan mari mengubah dunia bersama.
img-android
img-playstore
img-barcode
img-phone
img-phone