artikel
#BanggaPerempuanBerdaya21 Maret 2022
Share this article
share
share
Dukung Womenpreneurs Makin Berdaya

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, Xendit, salah satu perusahaan payment gateway terbesar di Asia Tenggara bersama startup sosial Campaign.com berupaya memberdayakan para pengusaha perempuan atau womenpreneur, yang kini kian berkembang di Indonesia.

Jakarta, 21 Maret 2022 - Menurut survei Mastercard Index of Women Entrepreneurs 2020 yang dilakukan di 58 negara, Indonesia jadi salah satu dari 20 negara yang secara global menyediakan ekosistem kewirausahaan paling mendukung bagi perempuan. Angkanya melejit dari posisi 22 pada 2019 jadi peringkat ke-17 di tahun 2021. Sejalan dengan hal itu, Xendit menjalin kolaborasi dengan Campaign.com, startup yang bergerak di bidang sosial, mengadakan serangkaian pelatihan bagi para perempuan pelaku wirausaha, atau kerap disebut womenpreneur, guna memaksimalkan penjualan seraya memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Rangkaian pelatihan ini dinamai “Champ’s Womenpreneurs Bootcamp”.


Ada dua sesi pelatihan dalam rangkaian bootcamp ini yang dapat diikuti para womenpreneur secara gratis. Sesi pertama akan digelar pada Kamis (24/03/2022) pukul 15.00-17.00 WIB dengan tema “Scale Up Your Business with Effective End-to-End Solutions”. Sementara sesi kedua akan digelar di hari berikutnya, Jumat (25/03/2022) pada jam sama, dengan tema “Communication and Negotiation Skills Development for Womenpreneurs”. Keduanya akan dilaksanakan melalui kanal Zoom dengan kapasitas terbatas.


Astri Abyanti, Head of PR and Events Xendit mengungkapkan, melalui bootcamp ini, para womenpreneur dan calon womenpreneur mendapatkan berbagai pengetahuan yang bermanfaat untuk mewujudkan mimpi besar mereka menjadi jajaran womenpreneur sukses berikutnya di Indonesia. "Xendit sangat mendukung program-program yang bersifat edukatif dan memberikan pelatihan terutama literasi teknologi bagi para perempuan Indonesia sehingga mereka memiliki keahlian yang setara serta dapat bersaing di era digitalisasi ini dan berkembang secara skala sosial dan ekonomi. Untuk itulah, kami sangat menghargai usaha yang dilakukan oleh Campaign.com dan bangga dapat menjadi bagian dari Champ’s Womenpreneurs Bootcamp. Semoga program ini dapat terus dilakukan dan menjangkau area yang lebih luas lagi sehingga semakin banyak womenpreneur yang dapat ikut serta," ujar Astri.


Selain itu, Xendit dan Campaign.com juga meluncurkan sebuah kampanye sosial guna mendukung UMKM lokal yang fokus memberdayakan perempuan. Melalui kampanye ini, Xendit dan Campaign.com menggaet Rappo, sebuah usaha sosial berbasis di Makassar yang fokus mengolah sampah plastik menjadi barang bernilai guna tinggi yang juga artistik. Produk-produk Rappo diproduksi oleh para perempuan di kawasan prasejahtera sekitar Makassar. Akmal Idrus, pendiri Rappo, memaparkan bahwa Rappo memang didirikan untuk mendukung dua isu sosial; lingkungan dan juga kesetaraan. “Ya, selain berperan dalam menyelesaikan permasalahan sampah plastik, Rappo juga berupaya memberdayakan perempuan lewat peluang kerja layak yang diharapkan dapat berkontribusi pada perbaikan ekonomi keluarga, “ tutur Akmal.


Ahmad Aziz, Engagement Lead Campaign.com mengungkapkan, Campaign.com selalu mendukung upaya untuk menciptakan kesetaraan. “Banyak program yang kami lakukan dalam rangka berpartisipasi aktif dalam gerakan Hari Perempuan Sedunia, salah satunya lewat kolaborasi ini, mengajak womenpreneur untuk lebih berdaya terutama dalam pemanfaatan teknologi yang dapat mendukung usaha mereka,” tuturnya.


Kesempatan duntuk mengikuti “Champ’s Womenpreneurs Bootcamp” masih terbuka untuk seluruh perempuan pengusaha di Indonesia. Caranya, cukup mendaftar di tautan https://campaignid.typeform.com/digipreneur.***

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Hani Fauzia Ramadhani
Senior Public Relations Campaign.com
Phone: +62 813 1344 4260
Email: hani@campaign.com

Ami Windarti
Corporate Communications Lead Xendit
Phone: +62 812 8284 7217
Email: ami@xendit.co

Jika Anda adalah anggota pers dan ingin mewawancarai kami atau para Organizer kampanye di aplikasi Campaign #ForChange, harap hubungi:
contact
Jika Anda adalah anggota pers dan ingin mewawancarai kami atau para Organizer kampanye di aplikasi Campaign #ForChange, harap hubungi:
Hani Fauzia
Senior Public Relations