#ABetterWorldPrize

Mengenal Lebih Dekat dengan Komunitas Kita Beraksi Yuk!

profile

campaign

Update

2 Novermber 2020

Selamaaaattt! 


Selamat kepada @KitaBeraksi yang terpilih menjadi komunitas terpilih award A Better World Grand Prize yang didukung oleh PT Danpac Pharma dan mendapatkan apresiasi sebesar 50 juta rupiah! 


Setelah seharian kita bersenang-senang di A Better World Prize FUNthering Day and Awarding Night, pasti kamu sudah semakin paham dong, dengan perjuangan yang dilakukan teman-teman komunitas lakukan baik di sesi Booth Komunitas juga Presentasi Komunitas?

Inisiatif A Better World Prize sudah menjadi kesempatan untuk teman-teman mengembangkan komunitas mereka, berkolaborasi dengan komunitas lain, dan juga belajar lebih dalam mengenai isu sosial. Malam penghargaan kemarin tentunya bukan akhir dari semuanya! Justru, harapannya adalah kita semua bisa terus memperjuangkan isu sosial dan meningkatkan dampak baik kita. 


Nah, kalau dari komunitas Kita Beraksi, apa yang kita bisa tunggu-tunggu selanjutnya ya?  Yuk simak obrolan Champ dengan Kak Stefani Putri dari Kita Beraksi, tidak lama setelah mereka mendapatkan penghargaan A Better World Grand Prize kemarin: 


Hi Kak Stef! Congrats! Pengalaman berharga apa saja yang kalian sudah dapatkan selama menjalani ABWP?

Ini program yang komprehensif banget, kita juga jadi terinspirasi dengan teman-teman komunitas lain karena di sana kita juga ada sharing session. Tantangannya juga luar biasa. Kita ditantang membuat suatu program, bagaimana memperkenalkannya. Jadi kalau ditanya pengalaman apa yang berharga, menurut aku keluarga baru, inspirasi, dan juga pengalaman yang sangat mengesankan.


Persiapan tim Kita Beraksi untuk ikut ABWP seperti apa Kak?
Pertama kita melihat dulu, apakah kita butuh program ini? Jadi kita tanya tim internal kita masing-masing, dan ternyata teman-teman responnya bagus semua. Kita merasa, selagi pandemi, kita nggak mau kita stop. Saat kita memutuskan untuk mendaftar, kita langsung bagi tim kita dari 18 orang pengurus inti, kemudian 5 orang yang in charge karena pertimbangan waktu dan sebagainya. Jadi kita punya kebiasaan, kalau mengikuti kegiatan seperti ini, kita akan melihat kembali waktu dari masing-masing orang. Kemudian dari 5 orang itu, kita berikan yang terbaik aja. Misal tantangannya bikin program, kita harus tahu dulu gimana program itu, misal diwajibkan promosi kita harus tahu dulu bagaimana promosi itu, kalau workshop ya kita ikutan aktif di workshopnya. Jadi persiapannya, mengenali apa yang mau kita kerjakan dan pelajari,  agar saat kita mengerjakannya kita bisa memberikan kontribusi yang terbaik. 


Kita Beraksi percaya bahwa kolaborasi adalah kunci dari toleransi. Nah, gimana sih caranya Kita Beraksi menjaga kolaborasi yang tumbuh antara komunitas dan Sahabat Beraksi sejak awal lewat ABWP?

Menjaga kolaborasi itu pertama dari kesadaran dari masing-masing pihak sih. Kita punya budaya bahwa kita nggak akan pernah bisa kerja sendiri. Kita nggak pernah bisa menjawab satu permasalahan kalau sendiri. Ini nggak sekedar permasalahan isu sosial ya. Tapi juga menjalankan kerja secara profesional, soalnya kan di komunitas ketika mengerjakan semua job desc ranahnya profesionalitas. Jadi untuk menjaga kolaborasi itu tanya ke diri sendiri. Butuh nggak sih kolaborasi? Kedua, kita percaya adanya kita di sini ya untuk bersosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama dengan mereka. Ketiga, jangan berhenti untuk belajar, karena untuk berkolaborasi dan menciptakan sesuatu kita pasti akan belajar atau minimal ya kenal dulu. Dan pastinya kita kenal apa yang kita kerjain. 


Rencananya apresiasi yang sudah kalian dapatkan sebagai komunitas terpilih A Better World Grand Prize akan digunakan untuk apa nih kalau boleh tahu?
Pastinya untuk merealisasikan program-program sosial kita kedepannya khususnya untuk pemberdayaan anak muda dan juga bantu adik-adik di Sancta Maria Boro dan adik-adik di perkampungan pemulung El-Shadai, Yogyakarta. 


Terakhir, ada pesan untuk  Changemakers yang sudah mengikuti program kalian? 

Terima kasih kepada Changemakers yang sudah mengikuti program kami #SerasaSetara. Karena selain mendukung kami, setiap aksi kalian akan dikonversikan menjadi donasi 10 ribu rupiah. Donasinya akan segera kita salurkan, besok atau lusa kita juga akan berunding untuk teknisnya. Jadi aksi teman-teman nggak cuma sekedar membangun awareness dengan isunya aja. Tapi teman-teman sudah membantu adik-adik mitra binaan kami di Sancta Maria Boro dan adik-adik di perkampungan pemulung El-Shadai, Yogyakarta. Pertahankan selalu setiap aksi teman-teman semua. Karena cara ini adalah cara termudah untuk terus beraksi positif, cukup dengan mengupload foto dan mengikuti program di aplikasi Campaign #ForChange.


Nah itu dia Changemakers, ngobrol-ngobrol singkat Champ bareng Kak Stefani. Sekali lagi semangat ya teman-teman Kita Beraksi! Semoga selalu menginspirasi dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk negeri. Eits, masih ada loh komunitas terpilih lain yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan selama A Better World Prize Awarding Night. Penasaran? Tunggu kabar selanjutnya dari Champ ya! Bersama untuk dunia yang lebih baik.

0 Komentar

Done
heart

0 Hearts

heart

0 Komentar