#ForABetterWorldID

Selamat Hari Gizi dan Makanan Nasional! By the Way, Makananmu Sehat Nggak, Tuh?

profile

campaign

Update

Hai, Changemakers!

Kamu tau nggak, sih? Setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai hari Gizi dan Makanan Nasional, loh! Ada makanan yang kamu lagi pengen makan, nggak?


Sambil merayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional, Champ mau kasih tau fun fact seputar makanan dan minuman di sekitar kita. Ternyata nih, makanan dan minuman yang viral dan jadi favorit generasi muda punya kandungan yang kurang sehat, loh! Apa aja sih, makanan dan minuman itu? Sini, Champ spill satu-satu di bawah! Siap-siap, yaa!



1. Cromboloni si gudangnya kalori

image

Sumber: Tokopedia.com

Cromboloni sempat viral di Tiktok akhir-akhir ini, kamu udah coba? Tapi, kamu tau nggak? Satu cromboloni mengandung 500 kalori, loh! Jumlah 500 kalori tersebut berasal dari pastry, susu, tepung, mentega, telur, gula, serta topping dan isinya. Kalori bisa semakin tinggi apabila isinya semakin banyak. Rata-rata asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa sekitar 1.600 kalori hingga 2.400 kalori. Sedangkan untuk pria dewasa antara 2.200 hingga 3.200 kalori perhari.


Nah, konsumsi kalori yang berlebihan bisa bikin berat badan berlebih dan obesitas. Kondisi ini meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Jadi boleh kamu konsumsi tapi jangan sampai berlebihan, ya!



2. Salad dengan macam-macam pelengkapnya


image

Sumber: Tokopedia.com

Salad udah jadi makanan andalan kalau kita lagi diet, betul? Itu karena kandungan serat pada buah dan sayur yang bisa bikin perut kita kenyang lebih lama. Tapi, salad bisa berubah jadi monster untuk tubuh kita sendiri, loh! Kok bisa? 


Hal ini disebabkan topping pelengkap dari salad itu sendiri. Bila salad ditambahkan buah kering, extra keju, susu kental manis, mayones, roti kering, dan daging yang digoreng, salad akan lebih banyak mengandung gula, kalori, glikemik, lemak jenuh, dan natrium yang tinggi. Niatnya mau sehat malah jadi berantakan, deh!



3. Roti tawar putih si roti olahan


image

Sumber: detik.com 

What? Serius nih roti nggak sehat? Serius! Tapi cuman untuk roti olahan seperti roti tawar putih, kok! Coba deh Champ tanya, roti tawar putih teksturnya lebih halus, kan? Itu karena roti tawar putih mengikis kandungan serat dan nutrisinya, loh!


Roti tawar putih juga mengandung indeks glikemik yang tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula darah. The American Diabetes Association sampai melaporkan bahwa roti putih adalah makanan dengan glikemik yang sangat tinggi dengan skor 70 atau lebih. Wah, sekarang kamu harus lebih bijak nih dalam memilih roti! 



4. Minuman isotonik 


image

Sumber: CCN Indonesia

Minuman isotonik emang nyegerin banget! Tapi, kamu tau nggak sih, kalau minuman isotonik mengandung gula dan sodium yang tinggi? Terlalu banyak mengonsumsi minuman isotonik bisa menyebabkan kenaikan berat badan, memperberat kinerja ginjal. dan peningkatan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi


Sebagai pengganti minuman isotonik, kamu bisa konsumsi minuman isotonik yang alami, seperti membuat sendiri minuman isotonik dari larutan gula dan garam. Kamu juga bisa meminum air kelapa yang udah lama dikenal sebagai isotonik alami. Jaga kesehatan tubuhmu dengan yang alami aja, ya!



5. Susu kemasan yang beraneka ragam


image

Sumber: Agrozine.idg

Nggak semua minuman susu mengandung susu, loh! Jadi ada minuman susu, minuman yang mengandung susu, minuman rasa susu, dan susu kental manis. Minuman susu biasanya bertuliskan susu UHT (Ultra High Temperature) yang berbahan dasar susu segar, susu rekonstitusi, atau susu rekombinasi. Sedangkan minuman yang mengandung susu adalah minuman yang dibuat dengan susu segar namun ada kandungan pangan lain. 

Kalau minuman rasa susu adalah percampuran air minum dengan kandungan pangan lain dan susu sebagai penambah rasanya aja. Beda lagi dengan susu kental manis (SKM), SKM adalah susu dengan tambahan gula yang melalui proses penguapan sehingga teksturnya lebih kental dan lengket. Semua susu kemasan mengandung tambahan gula, ya! Apalahi SKM, proses penguapan membuat proteinnya rendah, sementara kadar gula dan kalorinya jadi tinggi. Lebih baik minum susu segar asli atau cek kandungan gizinya terlebih dahulu ya, Changemakers!



Dari makanan dan minuman yang Champ sebutin di atas, adakah yang jadi favoritmu? Kalau iya, lebih baik dikurangi, ya! Sambil milih-milih makanan dan minuman yang sehat untuk kita konsumsi, yuk ambil Challenge Sebagai Solusi Pemenuhan Asupan Gizi Baik! Dengan menyelesaikan Challenge ini, kamu udah membuka donasi sebesar Rp18 ribu yang disponsori oleh Yayasan Dunia Lebih Baik


Donasi yang terkumpul akan digunakan oleh Rotaract Club Of Bali Buleleng Sakti untuk pelaksanaan kegiatan Kebun Organik Cegah Stunting, pemberian edukasi parenting terkait pola asuh dan pola makan anak, dan pembuatan percontohan kebun organik ramah anak di sekolah/desa/kelurahan wilayah Kabupaten Buleleng. Mari rayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional dengan berdampak baik untuk sekitar! Jangan sampai lewatkan Challenge ini, ya! Yang bener aja? Rigu dong! 


heart

Hearts

heart

Komentar

Komentar

Done
Download aplikasi Campaign #ForABetterWorld untuk dunia yang lebih baik
Tingkatkan dampak sosialmu dan mari mengubah dunia bersama.
img-android
img-playstore
img-barcode
img-phone
img-phone